MANAJEMEN

Dr. Laura Lahindah, SE., MM.


Ketua Program Studi

FOKUS KEILMUAN

Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengontrol penggunaan sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan.

Program manajemen di Sekolah Bisnis Harapan Bangsa menawarkan empat konsentrasi fungsional; Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Bisnis Internasional.

Kurikulum Manajemen di ITHB khusus dirancang untuk:

  1. Memiliki pengetahuan mengenai konsep Manajemen Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia serta Manajemen Operasional dan Stratejik untuk menciptakan nilai bagi organisasi.
  2. Mampu melakukan fungsi-fungsi manajemen yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian dalam berbagai aktivitas organisasi serta menguasai konsep dan teknik-teknik pemasaran, dan pemanfaatan teknologi informasi untuk kepentingan e-Marketing.
  3. Mampu mengumpulkan, menganalisis informasi, dan mengembangkan alternatif solusi secara kreatif dengan kelompok maupun mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola, etika profesi dan integritas.
  4. Mampu bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi serta mampu melakukan evaluasi atas hasil yang telah dicapai.
  5. Mahasiswa dibimbing, dibekali ilmu dan diberikan kesempatan untuk melakukan penelitian dengan konsentrasi Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional dan Manajemen Sumber Daya Manusia melalui penyelesaian Kerja praktek dan Tugas akhir sehingga mahasiswa juga siap untuk mengimplementasikan kemampuan di dunia kerja.

 

PROSPEK KARIR

Setelah menyelesaikan studi di bidang ini, lulusan bisa mengejar karir di posisi umum atau fungsional seperti HR, keuangan, pemasaran, operasi atau bahkan mendirikan perusahaan start-up dalam berbagai jenis industri, seperti: manufaktur, logistik, perdagangan, transportasi, energi, konsultasi, jasa keuangan dan layanan lainnya.

PROFIL LULUSAN MANAJEMEN SESUAI KURIKULUM 2015

Oleh karena itu, profil lulusan Manajemen STIE-HB dirumuskan sebagai berikut: Management Executive, Marketing Executive, dan E-Marketing/Digital Marketing Specialist.

KURIKULUM

SEMESTER 1

SKS

Pengantar Bisins (MG)
3
Manajemen Umum (MG)2
Perilaku Organisasi3
Ekonomi Mikro3
Agama2
Pancasila dan Kewarganegaraan3
English I2
Matematika Bisnis3

Total SKS

21

SEMESTER 2

SKS

Organisasi BIsnis2
Perilaku Konsumen2
Pengantar Akuntansi I3
Praktikum Pengantar Akuntansi I1
Statistika I3
Ekonomi Makro3
Core Skills And Character2
Bahasa Indonesia2
English II2

Total SKS

20

SEMESTER 3

SKS

Manajemen Pemasaran
3
Komunikasi Bisnis dan Organisasi3
Pengantar Akuntansi II2
Praktikum Pengantar Akuntansi II1
Manajemen Keuangan3
Statistika II3
Sistem Moneter Internasional3
Pengantar Aplikasi Komputer2
Prak.Pengantar Aplikasi Komputer 1

Total SKS

21

SEMESTER 4

SKS

Manajemen Penjualan2
Manajemen Merek3
Komunikasi Pemasaran Terpadu2
Akuntansi Biaya3
Analisis Sekuritas dan Valuasi3
Manajemen Opreasional I3
Manajemen Sumberdaya Manusia I3
Career Plannning
Konsep ERP dan Simply Accounting

Total SKS

19

SEMESTER 5

SKS

Pemasaran Digital I3
Manajemen Hubungan Pelanggan3
Akuntansi Manajemen3
Perpajakan2
Manajemen Operasional II3
Manajemen Sumber Daya Manusia II3
SAP Introduction to SAP ERP with GBI V22
General Computer Skills and Communication Skills
 Manajemen Kinerja2

Total SKS

21

SEMESTER 6

SKS

Pemasaran Digital II3
Riset Pemasaran3
Manajemen Ritel2
Visual Merchandising2
Manajemen Stratejik3
Manajemen Rantai Pasok3
Metodologi Penelitian Bisnis3
Career Roadmap
Sistem Informasi Manajemen2

Total SKS

21

SEMESTER 7

SKS

Sistem Pengendalian Manajemen3
Seminar Manajemen3
Mata Kuliah Pilihan3
Kerja Praktek2
Leadership and Entrepreneurship
SAP Business Process Integration I2

Total SKS

13

SEMESTER 8

SKS

Tugas Akhir6
Mata Kuliah Pilihan3

Total SKS

9