DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Egi Anwari, S.Sn., M.Ds.


Ketua Program Studi

FOKUS KEILMUAN

Desain Komunikasi Visual berkaitan erat dengan proses menciptakan dan mentransformasi gagasan kreatif menjadi suatu rancangan visual yang efektif untuk menyampaikan suatu pesan, terutama untuk keperluan industri periklanan. Desain Komunikasi Visual tidak hanya melibatkan bentuk dan estetika, namun juga aspek-aspek budaya yang melekat pada masyarakat.

Kurikulum Desain Komunikasi Visual di ITHB secara khusus dirancang untuk:

  1. Mengasah kemampuan mahasiswa untuk menganalisis masalah, merencanakan dan merancang komunikasi visual yang dapat secara efektif menyampaikan pesan dengan cara yang kreatif, analitis, dan inovatif;
  2. Mengembangkan kesadaran dan pemahaman aspek budaya dan sosial yang patut dipertimbangkan dalam proses desain;
  3. Mengembangkan penguasaan teknik komunikasi melalui berbagai perangkat multimedia (misalnya piranti keras, lunak, dan audiovisual);
  4. Mengembangkan profesionalisme dan kewirausahaan serta kemampuan untuk belajar dan merespon dengan cepat berbagai perubahan dan peluang di bidang industri periklanan;
  5. Mengembangkan karakter, integritas, dan kesadaran akan tujuan yang penting dimiliki untuk keberhasilan karir dan kebermaknaan hidup.
PROSPEK KARIR

Setelah menyelesaikan studi di bidang ini, lulusan dapat memulai karir sebagai staf kreatif, desainer multimedia, staf editor, promosi, dan pemasaran, atau profesi apapun di berbagai industri, seperti:

Rumah kreatif dan periklanan, rumah produksi, media cetak, televisi nasional dan lokal, riset pemasaran, dan perusahaan konsultasi promosi/media.

KURIKULUM

SEMESTER 1

SKS

Teori Dasar Bahasa Rupa2
Pola Berfikir Kreatif2
Gambar Bentuk4
Gambar Expresif4
Nirmana Dwimatra4
Nirmana Trimatra4
Agama2

Total SKS

22

SEMESTER 2

SKS

Dasar Footografi Digital3
Pola Berpikir Desain2
Metode Produksi Grafika2
Komputer Grafis2
Teknik Pameran2
Ilustrasi I3
Aksara I3
Core Skills and Character2

Total SKS

19

SEMESTER 3

SKS

Persepsi Citra2
DKV I: Pemahaman Unsur Rupa dan Makna5
Komputer Audiovisual2
Teori Komunikasi dan Media2
Ilustrasi II3
Aksara II3
Foto Desain3
English I2

Total SKS

22

SEMESTER 4

SKS

Metode Penelitian Rupa2
Perilaku Masyarakat2
DKV II : Perancangan Identitas Visual5
Audiovisual I3
Naskah Periklanan2
Manajemen Produksi Media2
English II2
General Computer Skills and Communication Skills

Total SKS

18

SEMESTER 5

SKS

Studi Budaya2
Inovasi Rupa Desain2
Kajian Budaya Rupa indonesia2
DKV III: Peerancangan Promosi6
Audiovisual II3
Pilihan I2
Bahasa Indonesia2
Adobe Certified Associate – Visual Communication Using Adobe Photoshop

Total SKS

19

SEMESTER 6

SKS

Sejarah Desain2
Manajemen desain2
DKV IV : Perancangan Iklan6
Media Kreatif2
Kampanye Periklanan2
Pilihan II2
Pancasila da Kewarganegaraan3
Career Planning

Total SKS

19

SEMESTER 7

SKS

Tinjauan Desain2
Estetika Rupa2
DKV V: Perancangan Kampanye Sosial7
Technopreneurship2
Tutorial Technopreneurship
Seminar3
Career Roadmap
Leadership and Entrepreneurship –

Total SKS

16

SEMESTER 8

SKS

Kerja Profesi3
Tugas Akhir8

Total SKS

11

MATA KULIAH PILIHAN I

SKS

Toy2
Web Interface2
Typeface2
Olah Kain2

MATA KULIAH PILIHAN II

SKS

Desain Tayangan Publik2
Komik2
Animasi2
Game2