BISNIS ONLINE

Dr. Laura Lahindah, SE., MM.


Ketua Program Studi

FOKUS KEILMUAN

Trend era digital menyebabkan dunia bisnis harus didesain berbasiskan teknologi. Program Studi Bisnis Online merupakan program studi yang sangat aplikatif di mana mahasiswa akan dibimbing langsung selama setahun terakhir untuk menghasilkan prototipe. Program Studi Bisnis Online memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan mata kuliah-mata kuliah pilihan yang lebih banyak dan melengkapi pengetahuannya dalam menciptakan bisnis yang berbasis teknologi. Lulusan Bisnis Online memiliki kompetensi yang luas dalam bidang kreatif, business dan IT.

Kurikulum Program Studi Bisnis Online di Harapan Bangsa Business School dirancang untuk menghasilkan sarjana Bisnis Online dengan profil lulusan sebagai berikut:

Sikap dan Tata Nilai

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  • Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
  • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki integritas, mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas di atas kepentingan pribadi.
  • Memahami panggilan hidup dengan jelas, berdasarkan identitas jati diri yang dibangun berdasarkan kebenaran ilahi.
  • Memiliki komitmen dan karakter unggul yang memampukan lulusan untuk memberikan dampak positif dalam pekerjaan dan lingkungannya.

Kompetensi Inti

  • Memiliki pengetahuan mengenai konsep Pengembangan dan Manajemen Bisnis Digital.
  • Mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen operasional yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan/pengarahan, dan pengendalian dalam berbagai aktivitas organisasi dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Mampu mengembangkan teknik-teknik pemasaran digital (Digital Marketing) dengan pemanfaatan teknologi informasi.
  • Mampu memecahkan masalah dengan dengan pendekatan kuantitatif maupun kualitatif melalui pengembangan alternatif solusi secara kreatif, memanfaatkan data dan informasi primer maupun sekunder secara tepat dan benar.
  • Mampu menerapkan prinsip-prinsip tata kelola dalam kegiatan operasional organisasi.
  • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki integritas, mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas di atas kepentingan pribadi.
  • Mampu bertanggung jawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi serta mampu melakukan evaluasi atas hasil yang telah dicapai.

Kompetensi Pendukung

  • Memiliki financial literacy, pengetahuan dasar dalam bidang marketing, akuntansi, dan manajemen proyek serta mampu mengaplikasikan dalam konteks profesi Bisnis Online.
  • MMampu bekerja dalam tim dan mampu berkomunikasi dengan efektif termasuk dengan Bahasa Inggris.
  • Mampu belajar mandiri dan berkelanjutan sesuai tuntutan profesi.
  • Memiliki sertifikasi kompetensi dalam bidang digital-marketing.
PROSPEK KARIR

Seorang Sarjana Bisnis Online dapat bekerja di berbagai jenis industri, seperti:

  • Industri jasa konsultan manajemen.
  • Industri manufaktur dan jasa.
  • Industri perbankan, keuangan, dan pasar modal.
  • Industri berbasis sumber daya alam: pertanian, kehutanan, pertambangan, dan energi.
  • Lembaga pemerintah dan sektor publik, dan lain sebagainya.

Pada saat memulai karirnya, seorang sarjana Bisnis Online dapat bekerja di berbagai fungsi dalam sebuah perusahaan:

  • Manajemen SDM
  • Keuangan
  • Digital marketing
  • Membangun start up, baik digital maupun non-digital
  • Konsultan proyek bisnis online
  • Research & Development, dan sebagainya
KURIKULUM

SEMESTER 1

SKS

General Management
3
Pola Berpikir Kreatif dan Inovatif3
Pengembangan Perangkat Lunak I3
Prak. Pengembangan Perangkat Lunak I1
Infrastruktur Teknologi Informasi I3
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan3
Pendidikan Agama2
English I2

Total SKS

20

SEMESTER 2

SKS

Statistika Bisnis3
Perilaku Konsumen2
Pengembangan Perangkat Lunak II3
Praktikum Pengembangan Perangkat Lunak II1
Infrastruktur Teknologi Informasi II2
Core Skills And Character2
Bahasa Indonesia2
English II2

Total SKS

17

SEMESTER 3

SKS

Riset Pemasaran
3
Manajemen Rantai Pasok3
Accounting Principles4
Marketing Management4
Komunikasi Media Online2
Leadership and Enterpreneurship
MK Pilihan 12
MK Pilihan 22

Total SKS

20

SEMESTER 4

SKS

Valuation2
Business Strategy2
Visual Content3
Pengembangan Aplikasi Web3
Praktikum Pengembangan Aplikasi Web2
Operation & Service Management3
Internship2
Career Planning

Total SKS

17

SEMESTER 5

SKS

Pemasaran Digital I3
Praktikum Pemasaran Digital I1
Naskah Periklanan3
Online Branding2
Manajemen Pengembangan Perangkat Lunak2
General Computer Skills and Communication Skills
MK Pilihan 32
MK Pilihan 42
MK Pilihan 52

Total SKS

17

SEMESTER 6

SKS

Pemasaran Digital II3
Praktikum Pemasaran Digital II1
Pengembangan Aplikasi Mobile3
Praktikum Pengembangan Aplikasi Mobile1
Analisis Data3
Praktikum Analisis Data1
User Interface Design3
SAP ERP Introduction
Career Roadmap
MK Pilihan 63

Total SKS

18

SEMESTER 7

SKS

Final Project – Ideation3
Final Project – Selection3
Final Project – UI/UX Design6
Final Project – Prototype Development6

Total SKS

18

SEMESTER 8

SKS

Final Project – Prototype Testing2
Final Project – Business Plan Strategy and Business Plan4
Final Project – Business Plan Operation4
Final Project – Business Plan Marketing4
Final Project – Business Plan Valuation4

Total SKS

18