Egi Anwari, S.Sn., M.Ds.
Ketua Program Studi
FOKUS KEILMUAN
Desain Komunikasi Visual berkaitan erat dengan proses menciptakan dan mentransformasi gagasan kreatif menjadi suatu rancangan visual yang efektif untuk menyampaikan suatu pesan, terutama untuk keperluan industri periklanan. Desain Komunikasi Visual tidak hanya melibatkan bentuk dan estetika, namun juga aspek-aspek budaya yang melekat pada masyarakat.
Kurikulum Desain Komunikasi Visual di ITHB secara khusus dirancang untuk:
- Mengasah kemampuan mahasiswa untuk menganalisis masalah, merencanakan dan merancang komunikasi visual yang dapat secara efektif menyampaikan pesan dengan cara yang kreatif, analitis, dan inovatif;
- Mengembangkan kesadaran dan pemahaman aspek budaya dan sosial yang patut dipertimbangkan dalam proses desain;
- Mengembangkan penguasaan teknik komunikasi melalui berbagai perangkat multimedia (misalnya piranti keras, lunak, dan audiovisual);
- Mengembangkan profesionalisme dan kewirausahaan serta kemampuan untuk belajar dan merespon dengan cepat berbagai perubahan dan peluang di bidang industri periklanan;
- Mengembangkan karakter, integritas, dan kesadaran akan tujuan yang penting dimiliki untuk keberhasilan karir dan kebermaknaan hidup.
PROSPEK KARIR
Setelah menyelesaikan studi di bidang ini, lulusan dapat memulai karir sebagai staf kreatif, desainer multimedia, staf editor, promosi, dan pemasaran, atau profesi apapun di berbagai industri, seperti:
Rumah kreatif dan periklanan, rumah produksi, media cetak, televisi nasional dan lokal, riset pemasaran, dan perusahaan konsultasi promosi/media.
KURIKULUM
SEMESTER 1 | SKS |
Teori Dasar Bahasa Rupa | 2 |
Pola Berfikir Kreatif | 2 |
Gambar Bentuk | 4 |
Gambar Expresif | 4 |
Nirmana Dwimatra | 4 |
Nirmana Trimatra | 4 |
Agama | 2 |
Total SKS | 22 |
SEMESTER 2 | SKS |
Dasar Footografi Digital | 3 |
Pola Berpikir Desain | 2 |
Metode Produksi Grafika | 2 |
Komputer Grafis | 2 |
Teknik Pameran | 2 |
Ilustrasi I | 3 |
Aksara I | 3 |
Core Skills and Character | 2 |
Total SKS | 19 |
SEMESTER 3 | SKS |
Persepsi Citra | 2 |
DKV I: Pemahaman Unsur Rupa dan Makna | 5 |
Komputer Audiovisual | 2 |
Teori Komunikasi dan Media | 2 |
Ilustrasi II | 3 |
Aksara II | 3 |
Foto Desain | 3 |
English I | 2 |
Total SKS | 22 |
SEMESTER 4 | SKS |
Metode Penelitian Rupa | 2 |
Perilaku Masyarakat | 2 |
DKV II : Perancangan Identitas Visual | 5 |
Audiovisual I | 3 |
Naskah Periklanan | 2 |
Manajemen Produksi Media | 2 |
English II | 2 |
General Computer Skills and Communication Skills | – |
Total SKS | 18 |
SEMESTER 5 | SKS |
Studi Budaya | 2 |
Inovasi Rupa Desain | 2 |
Kajian Budaya Rupa indonesia | 2 |
DKV III: Peerancangan Promosi | 6 |
Audiovisual II | 3 |
Pilihan I | 2 |
Bahasa Indonesia | 2 |
Adobe Certified Associate – Visual Communication Using Adobe Photoshop | — |
Total SKS | 19 |
SEMESTER 6 | SKS |
Sejarah Desain | 2 |
Manajemen desain | 2 |
DKV IV : Perancangan Iklan | 6 |
Media Kreatif | 2 |
Kampanye Periklanan | 2 |
Pilihan II | 2 |
Pancasila da Kewarganegaraan | 3 |
Career Planning | – |
Total SKS | 19 |
SEMESTER 7 | SKS |
Tinjauan Desain | 2 |
Estetika Rupa | 2 |
DKV V: Perancangan Kampanye Sosial | 7 |
Technopreneurship | 2 |
Tutorial Technopreneurship | – |
Seminar | 3 |
Career Roadmap | – |
Leadership and Entrepreneurship | – |
Total SKS | 16 |
SEMESTER 8 | SKS |
Kerja Profesi | 3 |
Tugas Akhir | 8 |
Total SKS | 11 |
MATA KULIAH PILIHAN I | SKS |
Toy | 2 |
Web Interface | 2 |
Typeface | 2 |
Olah Kain | 2 |
MATA KULIAH PILIHAN II | SKS |
Desain Tayangan Publik | 2 |
Komik | 2 |
Animasi | 2 |
Game | 2 |